Friday, September 30, 2016

Apa itu radio frequency identification device (RFID) beserta kegunaanya

Selamat datang di teknologikekinian.com , setelah kemarin saya telah membahas tentang sistem pengkodean karakter sekarang saatnya kita membahas apa itu radio frequency identification device (RFID) beserta kegunaanya.  mungkin anda sedang mencari tahu tentang RFID itu apa, dan kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari dalam dunia teknologi. jika anda sedang mencari tahu tentang itu semua disinilah tempat yang paling tepat. oke kawan gak perlu lama-lama langsung aja kita bahas. cekidot..

apa itu RFID?

RFID adalah peranti yang memanfaatkan gelombang frekuensi radio untuk mengirimkan data dari sesuatu yang di tempeli RFID tersebut dari peranti pelacak RFID. RFID  memiliki kelebihan dalam hal keamanan, karena peranti sulit dipalsukan. selain itu, peranti RFID tidak memerlukan media kabel penghubung dan tidak memerlukan arena lurus bebas pandang, sehingga sangat sesuai untuk memonitori sesuatu yang bergerak. RFID dapat memantau sesuatu dengan radius yang bervariasi tergantung pada kekuatan pemancarnya.

Contoh penerapan RFID adalah sebagai berikut:
  1. penarikan biaya jalan tol secara elektronis dan otomatis.
  2. pengidentifikasian dan melacak jalur kereta.
  3. memantau transportasi truk kontainer.
  4. aplikasi-aplikasi pengelolahan kesehatan dan logistik.
  5. pengidentifikasian hewan.
  6. pelumpuhan mobil dengan alasan pengamanan.
  7. otentikasi dokumen.
  8. pelacakan pemain ski.
  9. pemantauan peserta pada lomba olahraga.
  10. alat pembayaran elektronik melalui debit dan NFC
berikut ini adalah gambar RFID berbentuk kartu
RFID berbentuk kartu

baca juga: konsep sisem keamanan jaringan komputer
Teknologi RFID biasanya menggunakan daerah frekuensi sekitar 30 kHz sampai 500 KHz untuk frekuensi rendah, yang hanya memiliki daya jangkau pelacakan sangat terbatas, namun sistemnya lebih murah.
RFID berfrekuensi tinggi, biasa bekerja pada frekuensi 850MHz sampai 950MHz dan 2,4GHz sampai 2.5GHz. sistem ini memiliki daya jangkau pelacakan yang lebih tinggi dan kecepatan baca juga lebih tinggi tetapi lebih mahal. sitem ini biasanya di gunakan untuk mengontrol barang keluar, melacak kereta api dan penarikan bayaran otomatis pada jalan tol.

 Sebuah sistem RFID biasanya memiliki komponen-komponen seperti berikut.

  1. peranti RFID (transponder atau tag) yang berisi berbagai data tentang benda atau sesuatu yang ditempeli transponder tersebut.
  2. antena untuk mentransmisikan sinyal RF dari peranti RFID ke peranti pembaca RFID.
  3. transceiver pembangkit sinyal RF.
  4. peranti pembaca yang menerima transmisi RF. peranti ini yang kemudian menyampaikan data yang diperolehnya kesistem komputer untuk di proses.
  5. selain itu biasanya ada perangkat lunak atau aplikasi yang dipergunakan untuk mengelolah data yang di peroleh.
Bentuk peranti RFID ini sangat beragam. untuk pelacakan binatang, dalam hal ini peranti di tanamkan kedalam kulit binatang, diameter peranti tidak lebih besar dari isi pensil. RFID dapat berbentuk seperti pasak, untuk dipasang pada batang pohon guna melacak dari kemungkinan dicuri. dapat pula berbentuk kartu kredit.
 baca juga: topologi jaringan komputer
Tag RFID memiliki dua kategori, yaitu aktif dan pasif. Tag RFID yang aktif biasanya menggunakan baterai dan dapat merupakan peranti read/write, bahkan pada beberapa sistem memiliki memori hingga 1Mb. kelebihan RFID jenis aktif ini, biasanya daya jangkau pelacakannya  lebih jauh, karena peranti memiliki daya sendiri. namun kelemahan tag ini , bentuk nya lebih besar, harganya lebih mahal, dan usianya lebih pendek, karena tergantung pada jenis baterai dan temperatur tempat tag berada.
Tag RFID pasif dapat beroprasi dengan memanfaatkan daya yang diperoleh dari peranti pembaca RFID. tag ini lebih ringan, lebih murah, dan tahan lama. namun kelemahan tag ini daya jangkaunya lebih pendek, serta rangkaian datanya hanya memiliki panjang tertentu yang sangat terbatas.

nah itu dia kawan tentang Apa itu radio frequency identification device (RFID) beserta kegunaanya, dan jangan lewatkan artikel dari teknologikekinian.com lainya ya, makin banyak baca makin banyak ilmu. sampai jumpa di artikel selanjutnya. terimakasih.

Bagikan

Jangan lewatkan

Apa itu radio frequency identification device (RFID) beserta kegunaanya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.