Wednesday, September 21, 2016

komponen sistem dan klasifikasi sistem teknologi informasi

Kemarin saya sudah membahas tentang Pengelompokan Teknologi Informasi, kali ini saya akan membahas tentang komponen sistem dan klasifikasi sistem teknologi informasi, apa itu tentang komponen sistem teknologi informasi dan klasifikasi sistem teknologi informasi silahkan simak selengkapnya.

 KOMPONEN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI

Sistem teknologi informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. suatu sistem teknologi informasi pada dasarnya tidak mencakup hal-hal yang bersifat fisik, seperti komputer dan printer, tetapi mencakup hal yang tidak terlihat secara fisik, yaitu software dan yang terpenting lagi adalah orang. dengan kata lain adalah komponen sistem teknologi informasi yaitu berupa :
  1. Perangkat keras (hardware
  2. Perangkat lunak (software
  3. Orang (brainware)
komponen sistem teknologi informasi
Gambar di atas mengasumsikan bahwa telekomunikasi sendiri mencakup perangkat keras dan perangkat lunak

Istilah perangkat lunak telah anda dapatkan di atas, perangkat keras mencakup dengan peralaan fisik yang dipakai dalam sistem teknologi informasi, sedangkan orang merupakan komponen orang yang merupakan penentu keberhasilan sistem yang menerapkan teknologi informasi.

Komponen braiware dapat berupa pemakai, pemelihara dan pembuat sistem. komponen ini menjadi kunci keberhasilan sistem teknologi informasi. tanpa andil komponen ini, perangkat keras dan perangkat lunak menjadi tidak berguna sama sekali. sebagai contoh:

Pemrogram (programer) adalah orang yang mempunyai keahlian khusus dalam membuat program. dengan adanya pemrogram dan para spesialis teknologi informasi lainnya, sebuah organisasi dapat secara terus-menerus mengembangkan aplikasi yang bersifat khas bagi organisasi tersebut.
baca juga: Pengelompokan Teknologi Informasi

KLASIFIKASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI

Sistem teknologi informasi dapat di bedakan dengan berbagai cara pengklasifikasian. misalnya menurut fungsi sistem (embedded IT system, dedicated IT system,  dan general purpose IT system) menurut departemen dalam perusahaan bisnis (sistem informasi akuntansi, sistem informasi pemasaran, sistem informasi produksi, dll) menurut dukungan terhadap level manajemen dalam perusahaan (sistem pemrosesan transaksi, sistem pendukung keputusan, dan sistem informasi eksekutif), menurut ukuran, dan menurut cara melayani permintaan (klien-server).
CATATAN : Klasifikasi menurut departemen dalam perusahaan serta menurut dukungan terhadap level manajemen akan di bahas secara tersendiri di artikel berikutnya.
  

* MENURUT FUNGSI SISTEM


Berdasarkan fungsi yang di emban sistem, sistem teknologi informasi dapat di bedakan menjadi : sistem teknologi informasi yang melekat (embedded IT system), sisem teknologi informasi yang khusus (dedicated system), dan sistem teknologi informasi serbaguna (general purpose IT system).

**Embedded IT system


Adalah sistem teknologi informasi yang melekat pada produk lain, sebagai contoh sistem VCR (video cassette recorder) memiliki sistem teknologi informasi yang memungkinkan pemakai dapat merekam tayangan televisi. adapun sistem teknologi informasi pada LIFT dapat mengendalikan gerakan pada lift dalam gedung pencakar langit.

**Dedicated IT system

  
Adalah sistem teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. sebagai contoh ATM (anjungan tunai mandiri) di rancang secara khusus untuk melakukan transaksi keuangan bagi nasabah bank. tentu saja, sistem seperti ini tidak bisa melakukan tugas seperti mengetik sebuah dokumen.

**General purpose IT system


Adalah sistem teknologi informasi yang dapat di gunakan untuk melakukan berbagai aktifitas yang bersifat umum. sistem komputer yang sering di sebut PC merupakan contoh sistem informasi serbaguna yang umum di pakai dalam rumah. dalam hal ini pc dapat di pakai untuk mencatat pengeluaran, melakukan penghitungan statistik, membuat gambar,  ataupun untuk belajar bahasa asing. tentu saja sistem seperti ini dapat di gunakan untuk melakukan kegiatan apa saja sepanjang di lengkapi perangkat lunak yang sesuai.

*MENURUT UKURAN


 Ukuran dalam pengklasifikasian sistem teknologi informasi tidak harus berupa ukuran fisik, tetapi lebih cenderung di dasarkan pada ukuran informasi yang di tampung. kemampuan sistem yang di tawarkan, kecepatan pemroses dan juga berdasarkan jumlah orang yang menggunakan sistem secara bersamaan. berdasarkan pengklasifikasian seperti ini, terdapat berbagai istilah yang sampai saat ini tetap di gunakan untuk memberi nama kelompok komputer.
Kelompok tersebut antara lain adalah mikrokomputer, workstation, mini komputer, mainframe dan superkomputer. kelompok-kelompok tersebut akan saya bahas pada artikel selanjutnya
baca juga: klasifikasi kelompok komputer beserta kegunaannya
Sekian artikel dari saya semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk anda. jangan lupa sering mampir ke blog saya ya di www.teknologikekinian.com, blog yang membahas seputar dunia teknologi. terimakasih

Bagikan

Jangan lewatkan

komponen sistem dan klasifikasi sistem teknologi informasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.