Wednesday, September 28, 2016

sistem pengkodean karakter

Sistem pengkodean karakter? apaan sih itu? mungkin sebagian besar di antara anda semua belum pada tau sistem pengkodean karakter, atau ada di antara anda sedang mencari tahu di mbah google tentang sistem pengkodeaan karakter. nah di sini saya akan mengajak anda mengulas sistem pengkodean karakter tersebut dan macam-macamnya. simak selengkapnya kawan.

Sistem yang di gunakan untuk mengkode karakter ada bermacam-macam, tiga yang terkenal adalah ASCII, EBCDIC, dan Unicode.

  • ASCII
ASCII (american standard code for information interchange) di kembangkan oleh ANSI ( american national standards institute ). pada awalnya , standard ini menggunakan tujuh bit untuk menyatakan sebuah kode. dengan menggunakan tujuh bit, karakter yang tersedia meliputi karakter kontrol, huruf ( A sampai dengan Z dan a sampai dengan z), digit ( 0 sampai dengan 9), dan sejumlah simbol seperti * dan +. belakangan , ASCII di kembangkan dengan menggunakan delapan bit, dengan tambahan sejumlah simbol yunani dan karakter grafis.

  • EBCDIC
EBCDIC ( extended binary coded decimal interchange code) merupakan standar yang di buat oleh IBM pada tahun 1950an dan menggunakan delapan bit untuk setiap kode . pertama kali di gunakan pada IBM system /360 standar ini di terapkan pada berbagai komputer mainframe.

Tabel di bawah memperlihatkan sejumlah karakter yang direpresentasikan dengan kode ASCII dan EBCDIC.
sistem pengkodean karakter

  • UNICODE
Selain ASCII dan EBCDIC, terdapat standar yang lebih baru yang dinamakan Unicode. pada standar ini, sebuah karakter dinyatakan dengan 16 bit. alhasil, standar ini dapat mencakup 65.536 karakter. dengan cara seperti ini, berbagai simbol dalam bahasa arab dan cina dapat di tampung. informasi lebih jauh tentang unicode dapat di lihat pada situs http://www.unicode.org/

nah itu dia kawan tentang sistem pengkodean karakter , jangan lewatkan artikel dari teknologikekinian.com yang lain ya, makin banyak baca di sini makin banyak ilmu. sampai jumpa di artikel selamjutnya. terimakasih

 

Bagikan

Jangan lewatkan

sistem pengkodean karakter
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.