Wednesday, October 5, 2016

pengertian tipe dan jenis perangkat lunak

Hai kawan semua, setelah kemarin kita membahas tentang peran dan pengelompokan perangkat lunak sekarang saya akan melanjutkan pembahasan kita yang kemarin yaitu tipe dan jenis perangkat lunak.

Perangkat lunak itu banyak jenis nya di antaranya perangkat lunak komersial, perangkat lunak domain-publik, shareware, freeware, rentalware, free software, dan open source.
jenis perangkat lunak

Nah jenis perangkat lunak diatas banyak pengertiannya yang harus anda ketahui secara rinci. bagi anda yang sedang mencari tahu tentang itu silahkan simak selengkapnya.

PERANGKAT LUNAK KOMERSIAL (commersial software)

Biasa juga disebut dengan proprietary software, adalah perangkat lunak yang dijual secara komersial. setiap orang yang bermaksud menginstalnya harus membelinya. jika tidak membayar, pemakai berati melakukan pembajakan perangkat lunak dan dapat dikenai sanksi hukum karena ada hak cipta (copyright). hak cipta adalah suatu hak yang dilindungi hukum yang melarang seseorang untuk menyalin hak atas kekayaan intelektual tanpa izin pemegangnya. perangkat lunak ini juga disertai lisensi yang melarang pembeli menyalin perangkat lunak untuk diberikan kepada orang lain ataupun untuk dijual kembali. contoh perangkat lunak komersial adalah Microsoft Office dan Adobe Photoshop.
untuk yang ingin belajar photoshop baca ini juga: kupas tuntad belajar adobe photoshop

RENTALWARE

Adalah perangkat lunak yang bisa digunakan oleh seseorang atau institusi dengan cara membayar sewa. sewa biasanya dilakukan setahun.

PERANGKAT LUNAK DOMAIN-PUBLIK

Adalah perangkat lunak yang disertai hak cipta dan memungkinkan siapa saja melakukan tindakan apa saja terhadap program tersebut, termasuk membuang nama penciptanya dan memperlakukannya sebagai karya ciptaanya sendiri dan mengenakan hak cipta. perangkat lunak seperti ini biasanya berupa kode sumber dan banyak dijumpai pada internet.
Catatan: kode sumber (source code) adalah kode yang digunakan untuk menyusun suatu perangkat lunak 

SHAREWARE

Adalah perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan biasa digunakan oleh pemakai untuk tujuan dievaluasi selama masa tertentu tanpa membayar sama sekali dan jika sesudah masa tersebut berlalu pemakai bermaksud tetap menggunakannya maka iya perlu membayar kepembuat perangkat lunak tersebut. Berbeda dengan  versi trial, shareware tidak memiliki masa kadaluarsa. artinya pemakai tetap dapat menggunakan perangkat lunak tersebut walaupun batas uji coba berakhir. umumnya pembuat shareware menyediakan layanan untuk konsultasi, manual cetak, pemuktahiran keversi yang lebih baru secara gratis dan terkadang memberikan bonus perangkat lunak yang lain. tujuan pembuatan perangkat lunak shareware adalah untuk mendapatkan bantuan dana dari pemakai guna mengembangkan lebih lanjut.

 FREEWARE

Adalah perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membayar. berbagai alasan pembuatan freeware adalah:
  1. sebagai penarik pemakai untuk membeli versi yang lebih lanjut dengan fitur yang lebih lengkap yang bersifat komersial.
  2. pembuat menginginkan tanggapan dari pemakai sehingga ia dapat mengembangkan keversi yang lebih bagus.
  3. pembuat ingin menyebarluaskan karyanya sehingga ia dapat menjadi terkenal.
  4. pembuat ingin benar-benar membantu pemakai dalam melaksanakan tugas tertentu tanpa harus membeli perangkat lunak komersial. situs seperti www.bestdownload.com dan download.ir merupakan contoh yang menyediakan freeware dan juga shareware.
    best download
     
    download.ir
Catatan: Perangkat lunak freeware yang mencakup sebagian dari fitur dari versi komersial yang dimaksudkan oleh vendor agar pemakai akhirnya membeli versi komersial biasa disebut crippleware. sebagai contoh, iMatix corporation (www.imatrix.com) menggratiskan perangkat lunak bernama xitami dengan harapan pemakai yang sudah akrab dengan xitami akan membeli produk yang lebih canggih yang diberi nama xitami/pro.

FREE SOFTWARE

Adalah istilah yang dicanangkan oleh Richard Stallman (pendiri free software foundation) untuk menyatakan perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber yang memungkinkan siapa saja  dapat menggunakan program tersebut dan bahkan ikut mengembangkannya.
secara lebih lengkap, sebuah program disebut free software jika:
  1. pemakai memiliki kebebasan menjalankan program untuk tujuan apa saja.
  2. pemakai memiliki kebebasan memodifikasi program sesuai dengan kebutuhan. oleh karena itu, kode sumber harus tersedia.
  3. pemakai memiliki kebebasan untuk mendistibusikan versi-versi program yang telah dimodifikasi sehingga komunitas dapat memperoleh manfaat dati pengembangan tersebut.
Tujuan dari Stallman adalah menciptakan kebebasan kepada pemakai dan menghindarkan pengontrolan program oleh suatu pihak.
untuk menunjang kebebasan tersebut, stallman menggunakan metode yang disebut copyleft terhadap perangkat lunak GNU yang iya kembangkan. istilah ini merupakan pembalikan dari istilah copyright. copyleft juga menggunakan hak cipta yang memberikan hak kepada pemakai untuk menjalankan program, memodifikasi, hingga mendistribusikan versi modifikasinya, tetapi melarang menjadikan program menjadi program proprietary. informasi lebih lanjut tentang free software dapat dilihat pada http://www.free-soft.org/
free software
baca juga: peran dan pengelompokan perangkat lunak

OPEN SOUCRE

Dikemukakan oleh Eric raymond pada tahun 1998 dan dimaksudkan untuk menghilangkan makna "free" pada "free software" yang ambigu karena dalam bahasa inggris memiliki arti yang bermacam-macam, yakni "free" dalam arti gratis ataupun "free" dalam arti kebebasan. Open Source timbul dari ide bahwa seandainya setiap orang dapat berpartisipasi dalam mengembangkan suatu perangkat lunak tentu perangkat lunak tersebut akan segera berevolusi menuju ketingkat kesempurnaan. hak-hak yang disediakan pada Open Source adalah seperti berikut:
  1. hak untuk membuat salinan program dan mendistribusikan salinan tersebut.
  2. hak untuk mengakses kode sumber sebagai syarat untuk bisa melakukan pemodifikasian.
  3. hak untuk melakukan pengembangan terhadap program.
Untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang Open Source, anda dapat mengakses situs www.opensource.org
open source
Nah itu dia penjelasan secara rinci apa itu tipe dan jenis perangkat lunak. sekarang sudak tau kan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kawan semua, dan tetap diingat selalu kunjungi www.teknologikekinian.com cari tau apa yang belum kalian tau di kolom search pencarian yang ada dipojok kanan atas blog ini, makin banyak baca di teknologikekinian.com makin banyak ilmu yang kalian dapat. ingat ya alamatnya cuma teknologikekinian.com bukan yang lain yang lain palsu.hehehe
terimakasih.

Bagikan

Jangan lewatkan

pengertian tipe dan jenis perangkat lunak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.