Sunday, October 2, 2016

peran dan pengelompokan perangkat lunak

Ketemu lagi kawan semua, setelah kemarin kita membahas tentang apa itu radio frequency identification device (RFID) beserta kegunaanya kini teknologikekinain.com akan beralih membahas tentang peran dan perangkat lunak. pastinya dalam dunia teknologi sebagian besar atau hampir seluruh orang di indonesia sudah tau perangkat lunak (software), kalau ada yang gak tau bener bener kebangetan kudetnya ckckckck.
hari gini loh mas bro masih ada yang gak tau itu kebangetan banget. tapi kita gak membahas tentang kebangetan itu atau apalah gak penting, yang terpenting kita akan mengorek tentang perangkat lunak, kalian mungkin sudah tau pernagkat luank itu seperti apa tapi mungkin belum tau jenis-jenis perangkat lunak. nah di sini saya akan memabahasnya, silahkan simak selengkapnya.
  • PERAN PERANGKAT LUNAK
Komputer hanyalah sekedar mesin yang tidak  dapat melakukan tugas yang di kehendaki pemakai sekiranya tidak di dukung oleh perangkat lunak (software). komputer bukan seperti teko ajaib milik aladin, yang dapat mengeluarkan jin dan jin itu dapat di perintahkan untuk melakukan apa saja oleh tuannya. sebagai contoh, anda tidak akan bisa beermain catur dengan komputer kalau anda belum menginstal software atau perangkat lunak permainan catur pada komputer anda.

Perangkat lunak sesungguhnya adalah program. sebagaimana yang telah anda ketahui, program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang di kehendaki pembuatnya. dalam hal ini, pembuat telah mengatur komputer sehingga kmputer memenuhi kebutuhan pemakai. program umumnya dibuat oleh vendor perangkat lunak (misal microsoft) ataupun perseorangan. tentu saja, jika anda menguasai salah satu bahasa pemrograman, anda bisa membuat sendiri program yang anda kehendaki.

  • PENGELOMPOKAN PERANGKAT LUNAK
Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem.
  1. Perangkat lunak aplikasi (application software) adalah program yang biasa di pakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik; misalnya untuk membuat dokumen, memanipulasi foto, atau membuat laporan keuangan.
    perangkat lunak aplikasi
  2. Perangkat lunak sistem (system software kadangkala disebut perangkat lunak pendukung atau support software) adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti CPU dan peranti masukan/pengeluaran. kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer. contohnya perangkat lunak sistem yaitu sistem operasi ( windows/linux)
    perangkat lunak sistem
Berdasarkan cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakaian, perangkat lunak dapat digolongkan pada perangkat lunak komersial, perangakat lunak domain-publik, shareware, freeware, dan rentalware. pada perkembangan terakhir, terdapat pula perangkat lunak yang dinamakan free software dan open source. keterangan dibawah menjelaskan secara singkat tipe-tipe perangkat lunak tersebut.
  1. Perangkat lunak komersial: perangkat lunak harus di beli. ada hak cipta.
  2. Perangkat lunak domain-publik: perangkat lunak bersifat geratis dan tidak ada hak cipta
  3. Shareware: bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang untuk selamanya. namun, diharapkan pengguna memberikan dana untuk pembuatnya jika pemakai bermaksud menggunakannya secara terus menerus. seringkali ada hak cipta tetapi terkadang bebas diberikan kepada siapapun.
  4. Freeware: perangkat lunak yang dapt digunakan tanpa perlu membayar sama sekali.
  5. Rentalware: perangakat lunak yang dapat digunakan dengan cara menyewa. ada hak cipta.
  6. Free software: perangakat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan oleh siapasaja dan bebas untuk dikembangkan sendiri oleh pemakainya (sepanjang lisensi memperkenankannya).  untuk mendapatkannya biasanya gratis atau ada juga yang membayar dengan harga yang relatif murah. tidak ada hak cipta. free software menjamin bahwa turunanya tetap berupa free software.
  7. Open source: serupa dengan free software. hanya berbeda dengan filosofi. tergantung lisensi yang di berikan, bisa saja open source dikembangkan menjadi perangakat lunak komersial
Untuk keterangan lebih lengkap tentang tipe-tipe perangkat lunak akan saya bagikan di artikel selanjutnya
Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu dan wawasan kalian semua. terimakasih.

Bagikan

Jangan lewatkan

peran dan pengelompokan perangkat lunak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.