Friday, October 28, 2016

Tutorial photoshop cs3

Selamat datang di blog teknologikekinian.com ini, mungkin anda sedang mencari tahu tentang tutorial photoshop cs3?  nah disini tempatnya teman-teman . 
Kali ini saya akan berbagi tutorial tentang bagaimana teknik edit photoshop cs3, pengen tau nih? beneran pengen tau? yuk cekidot gak perlu lama-lama silahkan baca selengkapnya.

TEKNIK TEKNIK DALAM PHOTOSHOP

1. Teknik Seleksi
Adobe Photoshop memiliki dua teknik untuk membuat seleksi ketika mengedit (mengkopi, menghapus, dan memodifikasi) sebuah gambar. Yang pertama adalah teknik seleksi bitmap dan vektor.
Untuk teknik bitmap, Anda dapat menggunakan alat seleksi yang telah disediakan (Rectangle Marquee tool, Marquee tool, Magic Wand tool , Lasso tool, Polygon tool, dan Magnetic tool). Sedangkan teknik vector adalah menggunakan Pen tool dan Shape tool kemudian diubah menjadi seleksi.
baca juga: cara buat foto jadi kartun di photoshop

SELEKSI MENGGUNAKAN MARQUEE TOOL DI PHOTOSHOP

Marquee tool menyediakan beberapa tipe yang dapat digunakan untuk membuat seleksi, menambah seleksi, dan mengurangi seleksi yang sudah ada.
Cara penggunaan :
- Pertama kali, pilihlah salah satu alat seleksi pada marquee tool.
marquee tool photoshop
- Buatlah seleksi pada gambar yang dimaksud.
seleksi pada gambar
- Untuk Rectangle tool, Rounded Rectangle tool, atau Elliptical Marquee tool, pilihlah jenis seleksi
  1. Normal = berguna untuk membuat seleksi secara normal. 
  2. Fixed Aspect Ration = untuk mengatur nilai panjang dan lebar seleksi secara rasio, sehingga panjang dan lebar akan proporsional sesuai nilai panjang dan lebar. 
  3. Fixed Size = untuk mengatur nilai panjang dan tinggi seleksi dalam bentuk pixel, sehingga akan membuat seleksi secara otomatis sesuai panjang dan tinggi seleksi.
- Tentukan salah satu pilihan pada Option bar ( = untuk menambah seleksi, = untuk mengurangi seleksi, = untuk memotong irisan seleksi).
 - Tentukan pengaturan Feather, yang berfungsi untuk memperhalus batas tepi dengan gambar. Semakin besar nilai feather, maka semakin halus bagian tepinya. 

SELEKSI MENGGUNAKAN LASSO TOOL DI PHOTOSHOP

Digunakan untuk membuat seleksi secara bebas. 
Cara Penggunaan :
- Aktifkan Lasso Tool.
- Klik dan Drag pada daerah yang ingin dibuat seleksi.
seleksi mneggunakan lasso tool
- Macam – macam Lasso Tool
1. Polygonal Lasso Tool
Berfungsi untuk membuat seleksi berbentuk polygon (segi banyak). Teknik ini biasa digunakan untuk membuat seleksi pada objek yang berbentuk kotak (meja, kursi, almari, buku, dll).

2. Magnetic Lasso tool
Berfungsi untuk membuat seleksi yang berorientasi pada kedekatan kesamaan warna. Warna yang dipilih sesuai dengan warna yang berdekatan pada radius warna yang telah ditentukan. Pada Option bar, aturlah Feather (memperhalus bagian tepi) dan Frequency (tingkat kesamaan warna).
baca juga: belajar photoshop dengan layer

SELEKSI MENGGUNAKAN MAGIC WAND TOOL  DI PHOTOSHOP

Teknik seleksi secara cepat dengan cara mengambil sampel warna yang berdekatan. Hampir sama dengan Magnetic Lasoo tool, namun Magic Wand tool lebih simple dan efisien.

Cara Penggunaan :
- Aktifkan Magic Wand tool
- Aturlah spesifikasi pada Option bar.
- Klik pada daerah yang dimaksud.

SELEKSI MENGGUNAKAN PEN TOOL DI PHOTOSHOP 

Teknik seleksi menggunakan Pen tool sangat efektif ketika mengambil objek yang berada di antara objek lain. Untuk membuat seleksi, Anda harus membuat path menggunakan Pen tool sesuai bidang yang akan diseleksi kemudian path tersebut diubah menjadi seleksi.
 
Teknik ini sering digunakan pada desainer ketika membuat seleksi karena mudah digunakan dan hasilnya pun lebih akurat dibandingkan menggunakan alat seleksi yang sudah ada.

 Cara Penggunaan :
- Aktifkan Pen Tool
- Pada Option bar, pilih tipe path. ( jangan pilih shape layer )

- Klik pada objek yang dimaksud, kemudian di trace ( mengikuti bentuk object yang akan diseleksi ) sampai dengan titik awal object ( bentuk path tertutup seperti membuat bangun )
seleksi menggunakan pen tool

- Langkah selanjutnya adalah mengubah path tersebut menjadi seleksi. Pertama kali tampilkan palet Path, jika belum muncul, pilih menu Windows > Path. Secara default, ketika Anda mengaktifkan palet Layers, maka secara otomatis palet Channels dan Path akan muncul karena ketiga palet tersebut dalam satu kelompok.

- Langkah terakhir klik kanan pada work path kemudian pilih make selection
- Untuk mengambil gambar bisa di copy kemudian di pastekan di layel baru.

Teknik Rahasia Edit Foto Jadi Vector Menggunakan PhotoShop klik disini 
Website Desain + Super Graphic Pack klik disini

Nah itu dia teman-teman tutorialnya, walaupun sedikit semoga dapat bermanfaat, tetap kunjungi terus teknologikekinian.com karena makin banyak baca disini makin banyak ilmu.
Terimakasih

Bagikan

Jangan lewatkan

Tutorial photoshop cs3
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.