Friday, December 2, 2016

Peranan sistem informasi dalam manajemen

Selamat datang di blog teknologikekinian.com kali ini saya akan membahas tentang sistem informasi, lebih tepatnya sistem informasi manajemen. Sistem informasi manajemen, (management information system) merupakan penerapan sistem informasi didalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen.

Definisi sistem informasi manajemen menurut George M Scott

Suatu SIM adalah kumpulan dari interaksi-interaksi sistem-sistem informasi yang menyediakan informasi baik untuk kebutuhan manajerial maupun kebutuhan operasi.

Definisi sistem informasi manajemen menurut Barry E. Curshing 

Suatu SIM adalah kumpulan dari manusia dan sumber daya modal didalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen didalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

Definisi sistem informasi manajemen menurut Frederick H Wu

Suatu SIM adalah kumpulan dari sistem-sistem yang menyediakan informasi dalam mendukung manajemen.

Jadi :

Sistem informasi manajemen adalah:

  • Kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi.
  • menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen.

 Tingkatan manajemen

  1. Manajemen tingkat atas (Direktur).
  2. Manajemen tingkat menengah (Kepala cabang).
  3. Manajemen tingkat bawah (Mandor/Pengawas)

Kegiatan manajemen

  • Manajemen tingkat atas perencanaan strategis, kebijakan dan pengambilan keputusan.
  • Manajemen tingkat menengah untuk perencanaan taktis dan pengambilan keputusan.
  • manajemen tingkat bawah untuk perencanaan dan pengawasan operasi dan pengambilan keputusan.

Perencanaan strategi menurut Frederick H Wu mendefinisikan perencanaan strategi

Perencanaan strategis adalah proses evaluasi lingkungan luar organisasi, penetapan tujuan (goal) organisasi dan penentuan strategi-strategi.

Perencanaan strategi meliputi hal-hal:

  • Proses evaluasi lingkungan luar organisasi 

Lingkungan luar organisasi selalu berubah secara konstan dan perubahan-perubahan ini mungkin dapat mengakibatkan perubahan terhadap strategi-strategi. pengaruh lingkungan luar dapat berupa kesempatan-kesempatan pasar, teknologi, tekanan-tekanan politik, sosial, persaingan dan sebagainya.
  • Penetapan tujuan perencanaan strategi 

Penetapan tujuan adalah apa yang ingin dicapai oleh organisasi. tujuan ditetapkan oleh manajemen tingkat atas dalam proses perencanaan strategi yang bersifat jangka panjang.
  • Penentuan strategi

Manajemen tingkat atas menentukan tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh organisasi dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuannya. dengan strategi semua kemampuan yang berupa sumber daya dikerahkan supaya tujuan organisasi dapat diraih. (material, modal, personil, kesempatan lingkungan luar organisasi dan lain-lain).


Pengendalian manjemen

Proses untuk meyakinkan bahwa organisasi telah menjalankan strategi yang sudah ditetapkan dengan efektif dan efesien. pengendalian manajemen merupakan tingkat taktik yaitu bagaimana manajemen tingkat menengah menjalankan taktik supaya perencanaan strategi dapat dilakukan dengan berhasil.

Pengendalian operasi

Proses untuk meyakinkan bahwa tiap-tiap tugas tertentu telah dilaksanakan dengan secara efektif dan efesien. pengendalian operasional ini merupakan proses penerapan program yang telah ditetapkan dipengendalian manajemen dan difokuskan pada tugas-tugas tingkat bawah.


Tipe keputusan manajemen

Keputusan manajemen dapat dikalsifikasikan kedalam tiga tipe yaitu:
  1. Keputusan tidak terprogram (non programmed decision) atau tidak terstruktur (unstructured decision). keputusan tidak terstruktur sifatnya adalah tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi, keputusan ini dilakukan oleh manajemen tingkat atas.
  2. Keputusan setengah terprogram (semi programmed decision) atau setengah terprogram (semi structured decision). sifatnya adalah sebagian yang dapat diprogram, sehingga masih membutuhkan pertimbangan-pertimbangan dari sipengambil keputusan.
  3. Keputusan terprogram (programmed decision) atau terstruktur (structured decision). keputusan terstruktur sifatnya adalah berulang-ulang dan rutin sehingga dapat diprogram, dan dilakukan oleh manajemen tingkat bawah.

Tipe informasi manajemen

Untuk mendukung keputusan yang akan dilakukan oleh manajemen, maka manajemen membutuhkan informasi yang berguna. untuk tiap-tiap tingkatkan manajemen, tipe informasi yang dibutuhkan berbeda. untuk manajemen tingkat bawah tipe informasinya adalah terinci terutama digunakan untuk pengendalian operasi. sedangkan untuk manajemen lebih tinggi tingkatannya tipe informasinya adalah semakin tersaing (terfilter) atau lebih ringkas.


baca juga:
Kemajuan teknologi dan pengaruhnya terhadap kehidupan remaja
Perkembangan teknologi informasi dalam dunia teknologi
konsep sistem keamanan jaringan komputer
Apa itu radio frequency identification device (RFID)
Sekian artikel dari saya semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu wawasan anda. sering-sering datang di teknologikekinian.com karena sering baca disini makin banyak ilmu. bhayyyyy

Pengen buat Vid-gram? klik disini
Pengen jadi teknisi komputer atau laptop supaya mendapatkan penghasilan tapi gak tau caranya? klik disini
Anda seorang pebisnis atau seorang penjual? pengen jualan online laris lewat kaskus tapi belum tau caranya? silahkan klik disini

Bagikan

Jangan lewatkan

Peranan sistem informasi dalam manajemen
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.