Tuesday, January 10, 2017

Hal yang perlu anda ketahui sebelum memulai cara dapat uang dari youtube

Selamat datang di blog Teknologikekinian.com, setelah kemarin saya membahas tentang 25 cara dan teknik jitu membuat tulisan bergerak/running text di adobe premiere pro, sekarang kita beralih membahas yang perlu anda ketahui sebelum memulai cara dapat uang dari youtube.

cara dapat uang dari youtube

Semenjak dibeli oleh google, Youtube adalah salah satu andalan google dalam bisnis iklannya. Youtube yang saat ini berada di peringkat nomor 3 di dunia, dikunjungi hampir 1 miliar orang setiap bulan. Jumlah video yang di unggah pun sangat fantastis, Hampir 100 menit durasi video yang di unggah setiap menit. Dari segi iklan, sudah jutaan publisher yang menjadi partner youtube dengan memasang iklan di video mereka. Demikian juga dengan pemasang iklan di youtube, jumlahnya mencapai jutaan advertiser. Jumlah uang yang digunakan untuk pemasangan iklan di youtube mencapai ratusan juta dollar.

Dari hal tersebut, kesempatan bagi para publisher video untuk mendapatkan uang dari youtube sangatlah besar. Jika anda serius mendalami ini, maka uang akan mengalir kekocek anda bahkan saat anda sedang tidur.

Google adsense


Seperti di ketahui, google adsense adalah program periklanan "pay per click" yang sangat populer. Publisher mendaftarkan website mereka ke google, setelah disetujui, maka google akan memberikan script program untuk dipasang di website mereka. Setiap pengunjung yang mengklik iklan yang muncul secara otomoatis dari sebuah script tersebut, akan mendapatkan keuntungkan. Namun, membuat sebuah website agar di setujui oleh google tergolong sulit. Belum lagi mengelola website agar banyak dikunjungi dan membuat pengunjung tertarik untuk mengklik iklan tersebut, memerlukan keahlian khusus dan memakan banyak waktu.

Banyak blogger yang mencoba afiliasi ini bertumbang karena banyak hal yang harus dikerjakan agar dapat sukses. Google sangat menjaga kepuasan pemasang iklan, aturan dan pengawasan selalu dilakukan dengan ketat. Jika anda mencoba curang dalam bermain google adsense, maka dapat dipastikan umur kerja sama anda dengan google tidak akan bertahan lama.

Google mempunyai kemampuan yang memadai untuk mendeteksi hal ini, belum lagi algoritma penilaian website yang digunakan selalu berubah sehingga sulit di akali. Jika anda ingin menjadi rekan google melalui iklan website, maka anda harus benar-benar serius dan tidak coba-coba.

Youtube adsense


Pernahkah anda menonton tayangan video youtube kemudian muncul iklan di awal ataupun di bagian bawah video? itulah adsense youtube.
Pemasang video dapat dipastikan menjadi rekan youtube adsense. Prinsip adsense di youtube sama dengan adsense yang ada di website, bedanya adalah iklan yang muncul berada di dalam video. Setiap jumlah tayangan, lama durasi dan jumlah klik menjadi penentu berapa besar pemasang video mendapatkan bagian pembayaran.

Video macam apa yang dapat ditayangkan di youtube untuk dipasang iklan?

Hampir semua jenis video dapat didaftarkan untuk monetisasi. Dari video tutorial, komedi, musik, cuplikan film, ulasan produk dan lain sebagainya. Namun demikian, youtube memberikan aturan ketat, khususnya mengenai hak cipta. Hak cipta ini meliputi gambar, suara, musik, materi video, merek dan lain sebagainya. Jika aturan ini dilanggar, youtube tidak segan-segan menonaktifkan pemasang iklan, atau bahkan menutup channel video kita.
Pemegang hak cipta juga di beri kesempatan untuk melayangkan keberatan atas video mereka yang di upload oleh orang lain tanpa izin.


Kriteria monetisasi video youtube


Berikut persyaratan minimal untuk memonetisasi video anda:
  • Konten harus ramah pada pengiklan, artinya video yang kita unggah harus tertata baik dan berguna bagi penonton.
  • Anda sendiri yang membuat konten atau telah mendapatkan izin untuk menggunakannya secara komersial.
  • Anda dapat memberikan dokumentasi yang membuktikan bahwa anda memiliki hak komersial atas semua konten video dan audio jika terdapat video yang memiliki hak cipta. Jika anda membuat video sendiri dengan menggunakan bahan-bahan bebas hak cipta maka anda tidak perlu khawatir.
  • Konten anda harus memenuhi persyaratan layanan dan pedoman komunitas youtube.

Contoh video youtube yang dapat dimonetisasi


  • Video anda berisi musik royalti dan anda dapat membuktikan hak pengguna. Banyak penyedia musik, judul dan bahan video lain yang bebas lisensi. Jika ada pertanyaan tentang hal ini maka anda dapat memberikan tautan sumber dari mana kita mendapatkan bahan-bahan tersebut.
  • Teman anda membuat konten untuk video anda dan menyatakan dalam bentuk tertulis bahwa anda dapat mempergunakan serta mendapatkan uang dari konten tersebut.
  • Anda menciptakan musik buatan sendiri dan tidak di kontrak oleh sebuah label.

Contoh video youtube yang tidak memenuhi syarat untuk monetisasi


  •  Video anda berisi musik yang anda beli di iTunes atau konten yang anda rekam dari televisi.
     
  • Anda mengedit kompilasi konten yang di buat oleh orang lain.
  • Konten dengan kekerasan dan/atau ketelanjangan yang di maksudkan untuk memberi kejutan dan rasa jijik. 


Jenis iklan yang terdapat di youtube

  • Iklan youtube Non-skippable in-stram ads

    Non-skippable in-stram ads

     

Yaitu iklan video yang dapat muncul di awal, ditengah atau di akhir video. Durasi iklan video ini antara 15 sampai 20 detik, dan pemirsa harus menonton iklan tersebut sebelum dapat menonton video pilihannya, alias tidak bisa di skip seperti jenis iklan lainnya.

Iklan jenis ini dijual berdasarkan CPM (cost per mille) biaya per seribu tampilan yang dikenakan pada pemasang iklan. Jenis iklan ini dapat menghasilkan  nilai lebih tinggi dibandingkan format iklan lain di youtube.
Perhatikan bahwa selain iklan sela yang tidak dapat di abaikan dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan format iklan lainnya. Iklan sela ini juga memiliki resiko pengabaian yang lebih tinggi, yaitu dapat mengakibatkan penurunan jumlah penayangan video dan waktu menonton.
  • Iklan youtube TrueView in-stream ads

    TrueView in-stream ads

     

Iklan ini dapat ditonton sebagai iklan video di awal atau ditengah tayangan berdurasi pendek atau panjang di dalam tanyangan video youtube.
Pemirsa memiliki opsi untuk menonton iklan lengkap atau melewati iklan setelah menontonnya selama 5 detik.

Dalam hal ini pengiklan hanya ditagih jika pemirsa menonton iklan selama 30 detik atau menonton seluruh iklan. Tidak ada panjang maksimum untuk iklan model ini. Dengan adanya iklan ini, pemirsa dapat menonton iklan secara penuh atau mengabaikan setelah menonton selama 5 detik. Iklan ini dapat diloncati (skip/abaikan) oleh penonton, namun jika belum di skip oleh penonton selama 30 detik, peng-upload videolah yang dapat bayaran besar dari iklan ini.
  • Iklan youtube Overlay in-video ads

    Overlay in-video ads

     

Merupakan iklan hamparan transparan yang muncul dalam porsi yang lebih sedikit dari video anda. Mengizinkan iklan ini artinya youtube terkadang dapat menjalankan iklan hamparan transparan di bagian bawah video.
Iklan ini biasanya muncul pada titik 15 detik, yang dapat ditutup oleh pemirsa jika diinginkan dan iklan akan otomatis diminimalkan jika pemirsa tidak melakukan apapun. Iklan ini paling banyak dihitung berdasarkan yang diklik pengunjung/penonton.
  • Iklan youtube Display ads

    Iklan youtube Display ads

     

Ini adalah jenis iklan default dan yang menghasiklan paling rendah, karena memang munculnya sedikit. Biasanya dijalankan diseluruh area situs kecuali di beranda. Iklan tersebut tersedia dalam bentuk iklan berukuran 300x250pxl yang muncul sebelah kanan video unggulan dan di atas daftar video yang disarankan.

Sistem pembayaran youtube


Saat ini penghasilan dari iklan yang dipasang di youtube akan terakumulasi di akun Google Adsense anda. Jadi pembayaran yang dilakukan oleh google akan melalui akun tersebut.
Pada artikel selanjutnya akan saya bahas bagaimana mengaitkan akun youtube dengan akun google adsense anda.

Youtube menyediakan berbagai cara dalam melakukan pembayaran kepada publisher. Untuk Indonesia, dapat melalui transfer uang di Western Union dan menggunakan cek. Kita dapat menarik uang dari youtube melalui western union di berbagai bank di Indonesia, Kantor Pos, dan gerai/toko yang terdapat logo western union seperti minimarket. Yang perlu diperhatikan adalah kurs rupiah saat itu, karena mata uang yang akan anda tarik berupa mata uang rupiah.

Syarat minimal agar kita dapat menarik pembayaran adalah sebesar US $100. Jadi jika penghasilan anda masih sedikit setiap bulannya, harap bersabarlah hingga dollar yang kita kumpulkan memenuhi syarat untuk ditarik.

Mungkin saya rasa cukup sampai disini dulu pembahasan kita, semoga artikel yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. jadi sebelum anda ingin dapat uang dari youtube maka anda harus membaca artikel di atas sebagai bimbingan sebelum anda melakukan hal yang salah.

Sekian artikel dari saya, kunjungi terus Teknologikekinian.com karena makin banyak baca disini makin banyak ilmu, dan kunjungi juga channel youtube saya yang masih baru dan akan saya kembangkan lagi. Di channel youtube saya ini akan saya buat video-video seputar dunia teknologi misalnya video tutorial dan lain-lain yang mungkin dapat berguna bagi orang lain.
Jika ada yang bertanya silahkan anda berikan komentar, silahkan subscribe blog saya untuk mendapatkan info terupdate lainnya, atau anda bisa juga bergabung di fanspage saya yang ada di sidebar blog ini.
Terimakasih
 baca juga:
Tips sukses bagaimana mengelola blog untuk pemula
Jurus menjadikan blog anda ranking 1 di google dalam waktu singkat
Teknik jitu optimalisasi SEO on page pada artikel blog atau website
Cara malas dapat 100Ribu/hari
Newbie ngidam dollar
Ebook Cara pompa youtube

Bagikan

Jangan lewatkan

Hal yang perlu anda ketahui sebelum memulai cara dapat uang dari youtube
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.